Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Seni Rupa SD Al Azhar 1 Bandar Lampung, Selasa/23 Juli 2024

 Hari/Tanggal : Selasa/ 23 Juli 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra 

Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis




Capaian Pembelajaran (CP) :

Menyimak :  

Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Menyimak : 

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 


Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri


Tujuan Pembelajaran (TP) :


Menyimak :

Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta  didik  dapat  menemukan,  menyimpulkan  informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

Membaca dan Mengamati :

Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hari-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


Simak Ibu Guru membaca cerita di bawah ini :

C:\Users\toshiba\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-02 at 12.00.24.jpeg

SIAP-SIAP BELAJAR

Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”?                                                                                      2. Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”?                                                                                                         3. Apa yang kalian lihat pada gambar di atas?                                                                                                                         4. Menurut kalian, apa isi ceritanya?

C:\Users\toshiba\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-02 at 12.04.30.jpeg         C:\Users\toshiba\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-02 at 12.04.50 (1).jpeg 

C:\Users\toshiba\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-02 at 12.05.12.jpeg               C:\Users\toshiba\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-02 at 13.32.04.jpeg 

C:\Users\toshiba\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-02 at 13.32.21.jpeg


Dengarkan guru membacakan pertanyaan nomor

1 - 5. Lalu, jawablah.


1. Apa warna bola Boni?

2. Di mana Boni mengejar bolanya?

3. Di mana bola Boni jatuh?

4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?

5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.



Tadi kita sudah belajar Bahasa Indonesia, sekarang kita belajar Seni Rupa yukkk......



Hari/Tanggal : Selasa/ 23 Juli 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema : 1/Seni di Sekitarku

Materi Pembelajaran : Seni di Sekitarku


Capaian Pembelajaran (CP) :

Mengalami :

  1. Siswa mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris. 

  2. Siswa mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya. Siswa juga mengenali prosedur dasar dalam berkarya 

Menciptakan :


Siswa mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi elemen seni rupa berupa garis bentuk dan warna.


Tujuan Pembelajaran (TP) :

1.      Peserta didik mampu mengasosiasikan definisi “indah” atau “artistik” dari benda-benda di         
   sekitarnya.

2.      Peserta didik mampu mendokumentasikan hasil pengamatannya.

3.      Peserta didik percaya diri memilih alat dalam proses berkreasi.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

A. Seni Disekitarku

Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!

ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.

Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.

Benda yang bernilai seni.

Benda yang bernilai guna 

Seni ada di sekitarmu.

Amati, rasakan dan alami.

Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.

       Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari

D:\gambar permen.jpg  Permen

D:\GAMBAR DINDING BATU.jpgDinding Batu

D:\GAMBAR LEMARI BUKU.png Lemari Buku 

D:\gambar lapak penjual buah.jpeg Lapak Penjual Buah

D:\gambar pancawati bogor.jpg Pemandangan  Pancawati Bogor

Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.

  Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda       
  dari kreasi orang lain.

Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?

2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!

3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!

4. Benda apa saja yang bernilai seni?

5. Benda apasaja yang bernilai guna?


KESIMPULAN

Bahasa Indonesia
Alhamdulillah anak-anak sholih dan sholihah bisa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia dimana memahami materi
yang ibu guru berikan, bisa membaca dan menceritakan cerita yang sudah ibu guru ceritakan.

Seni Rupa

Anak-anak dapat memahami Seni Rupa tentang materi seni di sekitarku contohnya macam-macam lukisan yang ada di sekitar kita, dan mengetahui bahwa lukisan adalah keindahan alam yang di gambar.



PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Postingan populer dari blog ini

Materi Ajar Pendidikan Pancasila SD Al Azhar 1 Bandar Lampung, Rabu 11 September 2024

Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Matematika SD Al Azhar 1 Bandar Lampung, Senin 23 September 2024

Materi ajar SD Al Azhar 1 Bandar Lampung, Senin 5 Mei 2025