Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Mata Pelajaran STS : Seni Rupa dan Bahasa Lampung
Assalamu'alaikum wr.wb
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk SAS hari ini?
Sebelum memulai jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..
Mari kita mulai SAS hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”
KISI-KISI MATERI SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)
1. Mata Pelajaran : Seni Rupa
1. Seni di Sekitarku
Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!
ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.
Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.
Benda yang bernilai seni.
Benda yang bernilai guna
Seni ada di sekitarmu.
Amati, rasakan dan alami.
Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.
Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari
Permen
Dinding BatuLemari Buku
Lapak Penjual Buah
Pemandangan Pancawati Bogor
Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.
Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda
dari kreasi orang lain.
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?
2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!
3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!
4. Benda apa saja yang bernilai seni?
5. Benda apasaja yang bernilai guna?
2. Aneka Garis
Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.
Ada beberapa macam garis.
Ada garis lurus.
Ada garis lengkung.
Contoh :
Garis Lurus :
Garis lurus adalah garis yang menghubungkan dua titik pada suatu bidang dan memanjang hingga tak terhingga pada kedua arahnya.
Garis Lengkung :
Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok
Garis Horizontal :
Garis Horizontal adalah merupakan garis lurus yang memanjang dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.
Garis Vertikal :
Garisvertikal adalah garis yang kita gambar dari atas ke bawah
Garis Diagonal :
Garis diagonal adalah garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan.
Garis Kurva :
Garis kurva adalah garis yang adalah garis bengkok. Kurva dibuat apabila terjadi penyimpangan pada suatu garis lurus.
Garis Gelombang :
Garis gelombang adalah garis yang melengkung secara bergantian ke arah yang berlawanan.
Lalu siswa menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Apa itu garis horizontal?
2. Gambar gunung termasuk contoh gambar yang berbentuk garis ?
3. Garis lurus disebut juga garis?
4. Garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan disebut garis ?
5. Gambarkanlah garis lengkung!
3. Garis yang Menunjukkan GerakanLihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan. Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya.
Garis seperti apa yang kamu rasakan?Sekarang pejamkan matamu.
Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu.
Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu.
Garis seperti apa yang kamu dapatkan?
- Gambar Rambut Bergelombang :
adalah rambut yang memiliki pola rambut berombak, tidak lurus dan tidak keriting
- Gambar Lengkung Ombak :
- Gambar Asap
- Gambar Gerakan Ombak
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Apa pengertian garis yang menunjukkan gerakan?
2. Sebutkan contoh garis yang menunjukkan gerakan!
3. Gambarkan contoh garis yang menunjukkan gerakan?
4. Garis apakah yang kamu temukan di sekitarmu?
5. Gambarkan lengkung ombak!
4. Tekstur Benda
Tekstur benda adalah sifat permukaan benda yang dapat dilihat atau diraba, seperti halus, kasar, licin, atau berbulu.
untuk benda 3 dimensi, tekstur dapat dirasakan secara langsung saat disebtuh, sementara pada karya 2 dimensi seperti lukisan, tekstur bisa merupakan visual dari permukaan benda.
Halus:
Boneka, selimut, kertas, atau kulit buah yang halus.
Kasar:
Kulit kayu, permukaan batu, atau karpet.
Berbulu:
Bulu hewan atau permukaan kain flanel.
Licin :
Kaca, seperti cermin, gelas minum, dan kaca jendela memiliki permukaan yang sangat halus dan licin.
Berduri :
Pohon Kaktus, kulit salak, dan kulit nanas.
5. Unsur Warna
Materi warna benda dalam seni rupa meliputi warna primer, sekunder, dan tersier yang merupakan dasar dari pencampuran warna, serta peran warna dalam menciptakan suasana, realisme, dan simbolisme melalui pantulan cahaya dan pigmen pada benda. Warna juga berfungsi menyampaikan emosi dan pesan seniman, dengan warna cerah untuk kebahagiaan dan warna gelap untuk kesedihan atau ketakutan.
Jenis-jenis Warna
1. Warna Primer
Warna dasar yang tidak dapat dihasilkan dari pencampuran warna lain, seperti merah, kuning, dan biru.
2. Warna Sekunder
: Warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer.
Merah + Kuning = Oranye
Kuning + Biru = Hijau
Biru + Merah = Ungu
3. Warna Tersier
Warna yang terbentuk dari pencampuran warna primer dengan warna sekunder
Peran Warna dalam Seni Rupa
Menciptakan Suasana
Warna dapat membangkitkan emosi dan perasaan, misalnya warna cerah untuk kebahagiaan atau warna gelap untuk kesedihan.
Mewakili Alam
Warna membantu menggambarkan objek alam secara realistis, seperti warna hijau untuk daun atau biru untuk langit.
Menarik Perhatian
Warna berfungsi untuk menarik perhatian audiens pada suatu karya seni.
2. Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Silahkan anak sholeh sholeha untuk dapat mempelajari kisi-kisi yang diberikan oleh Ms Realita Putri Soleha melalui bloger, ibu guru berikan link Blogernya ya sayang🥰🙏🏻
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia mengerjakan soal STS hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah mengerjakan soal STS dengan perasaan yang bahagia hari ini🥰
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb