Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Mata Pelajaran SAS : Matematika dan Seni Rupa
Assalamu'alaikum wr.wb
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk SAS hari ini?
Sebelum memulai jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..
Mari kita mulai SAS hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”
1. Mata Pelajaran : Matematika
BAB 5
Ayo Membilang sampai dengan 20
1. Peserta didik mengamati gambar

2 Ibu Guru mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar.
a. Berapa kelereng yang kalian lihat?
b. Bagaimana cara kalian menghitungnya?
3. Peserta didik mengamati Tabel 5.1 Bilangan 11 sampai dengan 15 untuk
mengonirmasi hasil temuannya pada eksplorasi awal

4. Peserta didik menghitung kelompok benda yang ada di taman bermain. Ibu Guru akan memberikan contoh cara menghitung banyak benda satu per satu.
5. Peserta didik mengamati gambar banyak benda dan lambang bilangannya.
Minggu kemarin kita sudah belajar berhitung maju dan mundur, minggu ini kita belajar tentang Nilai Tempat.
Peserta didik mengamati gambar dan mendengarkan apa yang ibu guru jelaskan yaaa
Apakah anak-anak sudah memahami materi yang ibu guru berikan? Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Yukk kita kerjakan soal dibawah ini
BAB 6
Penjumlahan dan Pengurangan sampai dengan 20
Materi Pembelajaran : Mengenal Konsep Lebih dari, Kurang dari, dan Selisih
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 2 angka
Dari banyak donat Ibu yang dipasangkan satu per satu dengan donat
Tika, terlihat bahwa
a. donat Ibu lebih banyak dari donat Tika;
b. donat Ibu 1 lebihnya dari donat Tika.
Tika, terlihat bahwa donat Tika lebih sedikit dari donat Ibu;
BAB 7
MENGUKUR PANJANG BENDA
A. Membandingkan dan Mengurutkan Panjang Benda
Mencuci Tangan Waktu istirahat telah tiba.
Para siswa akan memakan bekal mereka.
Kira, Upe, Malosi, dan Wei segera berbaris.
Mereka berdiri berjajar dengan tertib.
Mereka menunggu giliran untuk mencuci tangan.
Mereka mematuhi pesan dari Ibu Guru.
Kita harus mencuci tangan sebelum makan
Pensil hijau lebih pendek dari pensil merah.
Pensil merah lebih pendek dari pensil biru.
Pensil hijau lebih pendek dari pensil merah dan biru.
Pensil hijau paling pendek.
Pensil biru lebih panjang dari pensil hijau.
Pensil biru lebih panjang dari pensil merah.
Pensil biru lebih panjang dari pensil hijau dan merah.
Pensil biru paling panjang.
Kita dapat membandingkan panjang benda.
Kita menggunakan kata:
• lebih panjang
• lebih pendek
• paling panjang
• paling pendek
Kupu-Kupu Terbang
Di taman ada 3 kupu-kupu.
Kupu-kupu kuning, merah, dan hijau.
Kupu-kupu kuning terbang tinggi.
Kupu-kupu merah terbang lebih tinggi dari kupu-kupu kuning.
Kupu-kupu hijau terbang lebih tinggi dari kupu-kupu merah dan kupu-kupu kuning
Berbarislah bersama 6 orang teman.
Amati dan bandingkan tinggi badan kalian

Lalu, jawablah soal berikut :


B. Mengukur Panjang Benda
Malosi adalah siswa paling tinggi.
Menurut kalian, berapa kira-kira tinggi badan Malosi?
Kita bisa mengukur tinggi badan Malosi.
Kita bisa mengukur panjang benda.
Kita bisa mengukurnya menggunakan benda di bawah.
Cara mengukur yang benar:
1. Mulai dari ujung benda.
2. Alat ukur rapat.
3. Alat ukur tidak bertumpuk.
4. Alat ukur tidak miring. Panjang meja adalah 4 sedotan
Bagimana cara mengukur meja dengan jengkal tangan?
SOAL LATIHAN :

BAB 8 : MENGENAL DIAGRAM
Kira Membantu Paman
Kira pergi ke toko mainan Paman.
Kira ingin membantu Paman berjualan.
Sampai di toko mainan, Kira kaget.
Toko mainan Paman sangat berantakan.
Kira membantu Paman merapikan mainannya
A. Mengelompokkan Data
1. Daftar
Kira merapikan toko mainan.
Ini adalah toko yang sudah Kira rapikan.
Mainan apa yang paling banyak?
Apakah kalian lebih mudah menemukannya? Mengapa?
Pesawat, boneka, bola, dan mobil-mobilan adalah contoh data.
Data bisa dikelompokkan.
Data bisa ditulis dalam daftar.
Data menjadi mudah dibaca.
Bola yang paling banyak berwarna merah.
Banyaknya ada 7.
Bola yang paling sedikit berwarna kuning.
Banyaknya ada 4
2. Tabel
Upe mempunyai banyak bola.
Ada 7 bola merah, 4 bola kuning, dan 6 bola hijau.
Upe ingin menyajikan data bolanya dalam tabel.
2. Mata Pelajaran : Seni Rupa
BENTUK YANG BERULANG
Bentuk yang berulang dapat kita temukan di sekitar
Bentuk yang berulang adalah susunan beberapa bentuk yang berurutan dan berulang sehingga membentuk pola
Bentuk yang membentuk motif atau ragam hias

Gambar di atas memiliki bentuk memiliki bentuk berulang yaitu segitig dan persegi.
Bentuk tersebut disusun jadi satu sehingga membentuk motif yang indah
Model kota :
Model kota dan bangunan dapat dikaji dalam seni rupa melalui seni arsitektir, yaitu seni dan ilmu dalam merancang dan membangun satu bangunan.
Alhamdulillah di pertemuan sebelumnya kita sudah membuat model kota dan bangunan
Cara membuat:
1. Buatlah model bangunan dari kardus bekas susu. Beri sampul permukaan kardus dengan kertas. Gambarlah jendela dan pintunya.
2. Buatlah beberapa bentuk alam seperti pohon, hewan, atau orang dari plastisin.
3. Buatlah gambar jalan pada kertas menggunakan pensil dan penggaris. Berilah warna pada gambar jalan. Lalu potong gambar jalan tersebut.
4. Setelah semua bentuk selesai dibuat, tatalah menjadi model kota sesuai kreasimu.
5. Rekatkan gambar jalan pada styrofoam dengan selotip.
6. Tata model bangunan pada styrofoam dan rekatkan menggunakan lem atau selotip.
7. Tata bentuk pepohon, binatang, dan orang pada styrofoam dan rekatkan dengan lidi.
Sekarang kita akan memperdalam materi tentang seni 2 dimensi :
Ciri-ciri bangunan 2 Dimensi :
- Memiliki dua dimensi, yaitu panjang dan lebar
- Tidak memiliki tinggi atau ketebalan
- Tidak memiliki ruang atau volume
- Hanya dapat dilihat dari satu sisi
- Dibatasi oleh garis lurus atau lengkung
- Memiliki luas dan keliling
Contoh bangunan 2 Dimensi :
Persegi, Persegi panjang, Segitiga, Lingkaran, Jajargenjang, Belah ketupat, Layang-layang, Trapesium, Segi enam, Segi delapan.
Perbedaan bangun 2D dan 3D
Bangun 2D berbeda dengan bangun tiga dimensi (3D) yang dapat dilihat dari lebih dari dua sisi. Model bangunan 3D dapat dibuat dengan perangkat lunak pemodelan
Bentuk Dedaunan
Dina suka tanaman.
Dina rajin menyiram tanaman.
Sambil menyiram, Dina mengamati daunnya.
Bentuk daun tanaman berbeda-beda.
Semua bentuk daun tampak indah.
Di sekitar kita banyak tanaman.
Ada tanaman hias.
Ada tanaman buah.
Ada tanaman sayur.
Tuhan menciptakan tanaman dengan bentuk daun yang berbeda-beda.
Bentuk daun termasuk bentuk natural.
Bentuk daun memiliki nilai keindahan.
Keindahan bentuk daun dapat dibuat karya seni.
. Warna Primer dan Warna Sekunder
Segala sesuatu di sekitar kita memiliki warna
Warna ada macam-macam
Warna yang utama disebut warna primer
Warna yang dibuat tanpa warna lainnya
Warna primer adalah merah, kuning, dan biru.
Selain warna primer, ada warna sekunder
Warna sekunder dibuat dari campuran dua warna primer
Perhatikan gambar berikut :
Orange adalah campuran warna merah dan kuning
Hijau adalah campuran warna kuning dan biru
Ungu campuran warna biru dan merah
Orange, hijau, dan ungu adalah warna sekunder.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia mengerjakan soal SAS hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah mengerjakan soal SAS dengan perasaan yang bahagia hari ini🥰
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb