Hari/ Tanggal : Selasa/18 Maret 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Mata Pelajaran STS : Bahasa Indonesia dan PJOK
Assalamu'alaikum wr.wb
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk STS hari ini?
Sebelum memulai jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..
Hari ini kita akan Sumatif Tengah Semester (STS)
Mata Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia
2. PJOK
Mari kita mulai STS hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”
Mata Pelajaran : PJOK
Silahkan anak sholeh sholeha untuk dapat mempelajari kisi-kisi yang diberikan oleh Ibu Anggie melalui bloger, ibu guru berikan link Blogernya ya sayang🥰🙏🏻
https://anggietiaraputri.blogspot.com/
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 1 : Bunyi Apa?
Simak Ibu Guru membaca cerita di bawah ini :
SIAP-SIAP BELAJAR
Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”?
2. Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”?
3. Apa yang kalian lihat pada gambar di atas?
4. Menurut kalian, apa isi ceritanya?
Dengarkan guru membacakan pertanyaan nomor
1 - 5. Lalu, jawablah.
1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.
Menirukan dan Melakukan
Mencocokkan dan Menirukan Bunyi Binatang
Ikuti petunjuk guru.
Tunjuk binatang yang berbunyi seperti ini:
BAB 2 : AYO BERMAIN
MENYIMAK
Amati gambar ini sambil menyimak guru membaca ceritanya.
1. Ada di mana binatang-binatang itu?
2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan tidak aman?
TANDA BACA
TANDA TANYA (?)
Digunakan untuk menyanyakan sesuatu atau untuk kalimat tanya
TANDA SERU (!)
Digunakan untuk kalimat perintah
TANDA TITIK (.)
Digunakan untuk mengakhiri kalimat
TANDA KOMA (,)
Digunakan untuk menyebutkan benda yang lebih dari 1
MENULIS
Sekarang, tulislah dua tanda baca di atas.
Ingat, pegang pensil kalian dengan benar, ya.
Saat menulis, duduklah dengan tegak
MENULISKAN SUKU KATA YANG BERAWALAN DARI “ca, ci, cu, ce, co”
MENYIMAK
Simak cerita ini dengan saksama.
Lalu, ikuti guru membaca ceritanya.
BAB 3 : AWAS KUMAN
1. Apa yang terjadi pada hidung Dilo saat ia pilek?
2. Apa yang terjadi saat Dilo bersin?
3. Apa yang teman Dilo lakukan terhadap apel yang akan
dimakannya?
4. Mengapa ia melakukannya?
5. Apa yang Bu Guru pakaikan ke wajah Dilo?
6. Mengapa Dilo harus memakainya saat pilek?

BAB 5 /Bunyi Apa?Bersikap Baik terhadap Teman

SIAP-SIAP BELAJAR
Amati gambar di atas. Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaanberikut.
1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?
2. Berada di mana mereka?
3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?







Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Siapa nama teman baru Mimi?
2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?
3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-temanbarunya?
4. Apakah kalian pernah malu seperti Mimi?
5. Sebutkan nama teman-teman kalian!
MEMBACA


BAB 6/Berbeda itu Tak Apa
Menghargai Perbedaan
MENGAMATI
Amati gambar ini dengan baik.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan di halaman selanjutnya.
Wah, banyak sekali anak di kantin itu.
Ada anak laki-laki, ada anak perempuan. Ada yang berambut lurus, ada yang keriting. Ada yang berkacamata.
Sekarang, hitung jumlah anak dalam gambar. Hubungkan angka yang sesuai dengan jawaban kalian.
Sekarang, jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Sedang apa anak-anak pada gambar di atas? 2. Ada di mana mereka?
3. Berapa anak yang duduk di kursi roda?
4. Teman-teman kalian di kelas pasti juga berbeda-beda. Adakah teman kalian yang berkacamata?
Adakah yang berambut lurus?
Adakah yang berambut keriting?
Hitung jumlahnya, lalu cocokkan dengan teman, ya.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia mengerjakan soal STS hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah mengerjakan soal STS dengan perasaan yang bahagia hari ini🥰
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Kesimpulan
Alhamdulillah anak-anak Sholih dan Sholihah sudah mengerjakan soal dengan baik, semangat trus sayang ☺️